Harga Cabai Setan Makin Mahal

Harga Cabai Setan Makin Mahal
Harga cabai makin mahal. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Bukannya turun, harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Pekalongan, Jateng, malah terus melejit sejak lima bulan terakhir.

Kenaikan harga ini paling parah terjadi pada cabai setan yang di pasaran mencapai Rp 140ribu per kilogram.

Mahalnya harga cabai setan ini dikarenakan hasil panen petani di beberapa bulan terakhir cukup buruk, sehingga pasokan di pasaran terbilang langka.

Berdasarkan pantauan Radar Pekalongan (Jawa Pos Group). di Pasar Induk Kajen, Kabupaten Pekalongan, selain harga cabai setan mahal, kualitas barang juga tidak baik.

Para pedagang sering mendapati cabai dengan kondisi busuk. Hal ini memaksa pedagang pasar maupun pengecer untuk memilah-milah barang sebelum dijual. Sehingga, tak jarang mereka mengaku rugi.

Seperti yang diungkapkan salah seorang pedagang cabai di Pasar Induk Kajen, Uswati (30), kemarin (8/2).

Ia menuturkan, kenaikan harga ini dikarenakan faktor cuaca. Sehingga, produk cabai para petani mengalami penurunan baik jumlah maupun kualitas.

"Dua hari ini, cabai setan naik terus. Beberapa bulan lalu sudah naik jadi Rp 80ribu per kilogram, kemudian naik jadi Rp 100 ribu dan sekarang (kemarin, red) mencapai Rp 140 ribu per kilogram," ujar pedagang yang menjual cabai dengan eceran itu.

Bukannya turun, harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Pekalongan, Jateng, malah terus melejit sejak lima bulan terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News