Harga Naik, Pemerintah Salahkan Masyarakat

Hatta: Stok Cukup, Harusnya Barang Stabil

Harga Naik, Pemerintah Salahkan Masyarakat
Harga Naik, Pemerintah Salahkan Masyarakat
JAKARTA- Menko Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan pemicu kenaikan harga sejumlah komoditi di pasaran bisa terjadi karena kekhawatiran masyarakat akan langkanya barang-barang kebutuhan pokok. Menurut Hatta, pemerintah menjamin bahwa stok pangan masih aman, sehinga seharusnya harga barang masih relatif aman.

"Barang terus mengalir, artinya stok pangan kita cukup. Distribusi tetap lancar sehingga barang tetap dijaga. Operasi pasar diintensifkan, jadi harga barang tetap dijaga dan tidak ada penimbunan," kata Hatta Radjasa di Istana Negara, Selasa (2/8).

Sementara Menteri Pertanian Suswono mengatakan, kenaikan harga barang banyak dipicu oleh kekhawatiran masyarakat. Padahal sesungguhnya seluruh bahan pangan menjelang Ramadhan bahkan sampai lebaran dipastikan masih aman.

"Yang penting masyarakat jangan terlalu panik karena barang ada. Tidak perlu beli banyak-banyak, karena barang ada setiap saat. Kenaikan barang bisa dipicu karena permintaan meningkat, bisa juga karena faktor psikologis," kata Suswono.

JAKARTA- Menko Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan pemicu kenaikan harga sejumlah komoditi di pasaran bisa terjadi karena kekhawatiran masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News