Harga Sawit Membaik

Harga Sawit Membaik
Harga Sawit Membaik
JAKARTA - Turbulensi perekonomian global telah merontokkan harga minyak kelapa sawit di pasar internasional. Tahun ini, harga salah satu komoditas andalan Indonesia ini diproyeksi membaik.

Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Fadhil Hasan mengatakan, recovery perekonomian global akan mendorong perbaikan harga minyak mentah kelapa sawit (crude palm oil/CPO). "Semester ke dua tahun ini diproyeksi akan mulai naik," ujarnya kepada Jawa Pos usai seminar INDEF di Jakarta, Kamis (21/2).

Menurut Fadhil, pergerakan harga minyak kelapa sawit di pasar internasional saat ini sering bergerak liar karena faktor supply and demand tidak lagi dominan dalam penentuan harga. "Saat ini, harga lebih banyak ditentukan oleh sentimen perekonomian global," katanya.

Fadhil menggambarkan, pada 2011, rata-rata harga CPO di pasaran dunia mencapai kisaran USD 1.119 per ton. Namun, pada 2012, harga sudah jatuh di kisaran USD 800 per ton. "Tahun ini, harga CPO di semester pertama diproyeksi di kisaran USD 800 - 900 per ton, pada semester ke dua kemungkinan akan naik sedikit ke kisaran USD 900 - 1.000 per ton," ucapnya.

JAKARTA - Turbulensi perekonomian global telah merontokkan harga minyak kelapa sawit di pasar internasional. Tahun ini, harga salah satu komoditas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News