Harga Sebutir Alpukat Ini Bisa Rp 50 Ribu

Harga Sebutir Alpukat Ini Bisa Rp 50 Ribu
Agus Riyadi menunjukkan alpukat super jenis Wina. Foto: MUHAMMAD ISMAIL LUTFI/EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG

jpnn.com - Supriyono sudah menekuni budidaya dan pembibitan alpukat sejak 2015. Sebutir alpukat bisa mencapai berat 2,2 kg. Seperti apa?

MUHAMMAD ISMAIL LUTFI

SUPRIYONO tinggal di Dukuh Ngasem Jombor warga RT 04 RW 07, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jateng

Saat ini, ia punya sekitar 15 pohon alpukat dengan buah besar tumbuh subur di kebun miliknya. Di depan rumahnya, juga terdapat dua pohon alpukat dengan buah bergelantungan yang memikat.

Ia cerita, buah alpukat itu awalnya dikembangkan bersama-sama teman-temannya dalam satu kelompok. Sebelumnya, ia membudidayakan tanaman klengkeng dengan cara stek.

“Setelah buah klengkeng, saya eksperimen buah alpukat, dan sekarang mempunyai beberapa varian buah alpukat,” ujar bapak satu anak ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Supriyono bergabung dengan kelompok tani Berkah Jaya di desanya. Kelompok tersebut mempunyai anggota 30 orang. Dari sinilah ia bisa menambah jaringan dalam pengembangan buah alpukat.

Selain itu, lewat kelompok tani ini ia bisa berhubungan dengan pemerintah, mengikuti sejumlah seminar maupun penyuluhan, termasuk mendapatkan kucuran bantuan.

Supriyono, Warga Bandungan, Semarang, jateng, menekuni budidaya dan pembibitan alpukat. Sebutir alpukat harganya bisa mencapai Rp 50 ribu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News