Harga Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Naik Pekan Ini

Harga Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Naik Pekan Ini
Ilustrasi kelapa sawit. Foto: Kaltim Post/JPNN

jpnn.com, PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit periode 7 – 13 Agustus mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur.

Jumlah kenaikan terbesar pada kelompok umur 10 - 20 tahun yang mengalami kenaikan harga sebesar Rp 40,06/Kg dari harga minggu lalu, sehingga harga TBS periode saat ini menjadi Rp 1.385,01/Kg.

BACA JUGA: PSPS Riau Harus Rela Berbagi Poin dengan Perserang

Kepala dinas tanaman pangan hortikultura dan perkebunan Riau Ferry Hc mengatakan, kenaikan harga TBS ini disebabkan faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal, kenaikan harga TBS periode ini disebabkan kenaikan harga jual CPO dan Kernel dari seluruh perusahaan yang menjadi sumber data.

"Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp 180,80/Kg, Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 123,00/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 139,55/Kg, Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 138,43/Kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikan sebesar Rp 180,80/Kg dari harga minggu lalu," katanya.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Sinar Mas Group mengalami kenaikan sebesar Rp 270,64/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 250,91/Kg, Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 263,00/Kg dan PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikan sebesar Rp 90,37/kg dari harga minggu lalu.

BACA JUGA: Ternyata Ini Alasan Perusahaan Asal Amerika Tertarik Buka Pabrik di Batam

Faktor eksternal yang mempengaruhi kenaikan harga TBS periode ini adalah karena adanya kombinasi pertumbuhan konsumsi untuk biosolar dan minyak nabati untuk makanan dunia, di lain sisi saat ini sedang terjadi perlambatan produksi sehingga menjaga harga lebih tinggi sepanjang sisa tahun 2019.

Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit periode 7 – 13 Agustus mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News