Hari Ini, 4.486 Jemaah Haji Mulai Masuk Asrama

Hari Ini, 4.486 Jemaah Haji Mulai Masuk Asrama
Jemaah haji Indonesia. Foto: Radar Lampung/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Pemberangkatan jemaah haji reguler asal Indonesia dimulai Selasa (17/7). Itu sebabnya, mulai hari ini (16/7), jemaah mulai masuk ke asrama haji.

“Sebanyak 4.486 jemaah hari ini mulai masuk asrama haji,” terang Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Kementerian Agama (Kemenag) Nasrullah Jasam di Jakarta, Senin (16/7).

Menurutnya, jemaah yang masuk asrama hari ini terbagi dalam 11 kloter. Mereka akan diterbangkan ke Arab Saudi melalui enam embarkasi.

Yaitu: Embarkasi Surabaya/SUB (3 kloter), Padang/PDG (1 kloter), Lombok/LOP (1 kloter), Solo/SOC (4 kloter), Jakarta – Pondok Gede/JKG (1 kloter), dan Makassar/UPG (1 kloter).

“Selama di embarkasi, jemaah akan melakukan pemeriksaan kesehatan tahap akhir sebelum diterbangkan ke Arab Saudi. Di Embarkasi juga akan dilakukan rekam data biometrik jemaah,” jelasnya.

Jemaah haji akan menginap maksimal selama 24 jam di embarkasi sebelum diterbangkan ke Arab Saudi. Mereka akan mendapat gelang, dana living cost sebesar SAR1500, serta paspor.

Kuota haji Indonesia tahun ini berjumlah 221ribu, terdiri dari 204ribu jemaah haji reguler dan 17ribu jemaah haji khusus. Jemaah haji reguler akan diberangkatkan dalam dua gelombang.

Gelombang pertama, jemaah diterbangkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah dalam rentang 13 hari, 17 - 29 Juli 2018.

Jemaah haji akan menginap maksimal selama 24 jam di embarkasi sebelum diterbangkan ke Arab Saudi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News