Hari Ini Filipina Pilih Presiden

Putra Aquino Diunggulkan

Hari Ini Filipina Pilih Presiden
Kandidat Presiden Filipina, Benigno "Noynoy" Aquino (kanan), di tengah warga. Foto: Liberalparty.ph.
MANILA - Di tengah ancaman kekerasan dari kelompok separatis dan kritik tajam terhadap sistem komputerisasi, pemilu Filipina tetap dihelat hari ini. Minggu (9/5), sehari jelang pemilu, lima orang sempat dilaporkan tewas tertembak di dua wilayah terpencil di luar Manila.

Agence France-Presse melaporkan, insiden penembakan tersebut melibatkan sekelompok pria bersenjata pendukung salah satu kandidat dalam pemilu lokal. Sementara pemberontak komunis juga merusak lima unit mesin penghitung suara. Polisi masih menginvestigasi kasus tersebut.

Namun pihak militer dan polisi yang telah mengerahkan puluhan ribu personel untuk melindungi tempat pemilihan suara, meyakinkan bahwa pemilu hari ini tidak akan diwarnai banyak insiden kekerasan. "Kami memprediksi akan terjadi beberapa insiden kekerasan di sana-sini, tapi kami sudah siap melaksanakan pemilu. Semua sistem sudah berjalan," terang Juru Bicara Kepolisian Nasional Filipina, Leonardo Espina, kepada wartawan, Minggu (9/5) kemarin.

Komisi Pemilihan Umum Filipina juga menyatakan kesiapannya menyelenggarakan pesta demokrasi nasional dan lokal tersebut. Mereka memprediksi tingkat partisipasi pemilih akan mencapai 80 persen, dari 50 juta pemilih yang berhak menggunakan hak suaranya.

MANILA - Di tengah ancaman kekerasan dari kelompok separatis dan kritik tajam terhadap sistem komputerisasi, pemilu Filipina tetap dihelat hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News