Hari Ini Jokowi Tinjau Warga Korban Tsunami Palu

Hari Ini Jokowi Tinjau Warga Korban Tsunami Palu
Inilah gambaran kondisi setelah gempa dan tsunami Palu. Foto: dokumen BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo direncanakan akan datang langsung ke Palu mengunjungi para korban gempa dan tsunami di wilayah tersebut pada Minggu (30/9).

Tercatat ratusan orang menjadi korban akibat tsunami Palu yang terjadi pada Jumat lalu tersebut. Presiden sudah meminta penanganan cepat pascabencana tersebut.

"Presiden Jokowi akan terbang ke Palu, Minggu untuk meninjau langsung penanganan pasca gempa dan tsunami," ujar Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan persnya.

Sementara itu, kata Sutopo, sebagian korban gempa Palu, Sulawesi Tengah menuju ke Makassar setelah dievakuasi.

Mereka adalah para penumpang di Bandara Mutiara Sis Al Jufri yang dievakuasi ke Makassar dengan menggunakan pesawat milik TNI dan tiba di Lanud Hasanuddin, Makassar, Sabtu sore.

Di sisi lau Kementerian PU-PERA fokus untuk memperbaiki infrastruktur jalan, jembatan dan tanggul pascagempa dan tsunami Palu.

Pengerahan alat berat, dan ketersediaan air bersih dan sanitasi. Saat ini layanan komunikasi yang bisa digunakan di wilayah Palu adalah XL.

Layanan komunikasi Telkomsel berangsur pulih dan diprioritaskan bagi pemerintah dan instansi di Toli-toli, Poso, dan  Luwuk.

Sebagian korban gempa Palu Sulawesi Tengah menuju ke Makassar setelah dievakuasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News