Hari Ini KRL Tetap Beroperasi, Tetapi Ada Pembatasan

Hari Ini KRL Tetap Beroperasi, Tetapi Ada Pembatasan
Rangkaian KRL Commuterline melintas di samping Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (16/4/2020). Foto: ANTARA FOTO/Paramayuda/aww.

jpnn.com, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menolak keinginan para kepala daerah sekitar Jakarta yang meminta operasional KRL dihentikan untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19.

PT KCI meyatakan akan tetap mengoperasikan perjalanan KRL mulai Sabtu (18/4/2020), dengan pola operasi yang sama sejak pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah DKI Jakarta.

Jam operasional KRL adalah pukul 06.00-18.00 WIB, dengan keberangkatan kereta pertama dari wilayah penyangga Jakarta pukul 05.00 WIB.

“PT KCI sebagai operator KRL Commuter Line akan melakukan pembatasan sebagaimana yang telah ditetapkan sesuai aturan PSBB dan semakin diperketat dengan dukungan berbagai pihak,” kata Manager External Relations PT KCI Adli Hakim dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (17/4).

Pembatasan tersebut antara lain dengan membatasi jumlah penumpang untuk menjaga jarak (physical distancing), membatasi jam operasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan mengawasi pelaksanaan physical distancing.

Kelanjutan operasional KRL ini sesuai dengan aturan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Dalam aturan tersebut, KRL atau KA perkotaan maksimum 35 persen dari kapasitas penumpang, KA antarkota ditetapkan pembatasan jumlah penumpang maksimum 65 persen dari jumlah tempat duduk.

Sementara, KA lokal, Prameks dan KA bandara maksimum 50 persen dari jumlah tempat duduk dan tidak boleh ada yang berdiri, semuanya menerapkan physical distancing.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memastikan KRL tetap beroperasi pada Sabtu, 18 April 2020, dengan sejumlah pembatasan untuk mencegah penularan virus coronaCOVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News