Hari Ini Soal UASBN DKI Dibagikan

Hari Ini Soal UASBN DKI Dibagikan
Hari Ini Soal UASBN DKI Dibagikan
JAKARTA - Senin (3/5) hari ini , seluruh naskah soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) area DKI Jakarta sudah dapat didistribusikan ke seluruh rayon. Pengiriman dilakukan usai sekolah melaksanakan upacara bendera untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional yang biasanya diperingati setiap 2 Mei. Kemarin, Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah melakukan pengecekan ulang, memeriksa untuk menjaga kesesuaian terhadap materi yang diujikan.

Berdasakan peraturan pemerintah (PP) tentang standar nasional pendidikan, terdapat tiga mata pelajaran yang diujikan dalam UASBN tahun ini. Bahasa Indonesia, matematika, dan ilmu pengetahuan alam (IPA). Selanjutnya dilakukan integrasi dengan ujian sekolah.

Tidak seperti ujian nasional (Unas) SLTA dan SLTA sebelumnya, seluruh materi yang terdapat pada seluruh soal dibuat dengan menggabungkan antara buatan pemerintah dan daerah dengan perbandingan 25 dan 75 persen. Daerah diwajibkan menyusun kisi-kisi soal oleh guru dari sejumlah sekolah yang dianggap berpengalaman. Mereka sudah mendapatkan pelatihan di Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) milik Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Dalam materi soal yang akan diujikan nanti pada kisi-kisi mata pelajaran matematika, para siswa-siswi diharapkan mampu menentukan hasil operasi hitung penjumlahan, pengurangan pada bilangan cacah, dan menyesaikan soal cerita untuk tingkat dasar. Sementara mata pelajaran IPA, kisi soal yang diberikan kemungkinan akan lebih banyak memberikan soal mengenai ciri dan nama mahluk hidup tertentu.

JAKARTA - Senin (3/5) hari ini , seluruh naskah soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) area DKI Jakarta sudah dapat didistribusikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News