Hari Ini, Tes CPNS Serentak Digelar

WamenPAN-RB : Kecuali Papua dan NTT Ditunda Senin

Hari Ini, Tes CPNS Serentak Digelar
Ribuan peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti tes kemampuan dasar CPNS Kementerian Perhubungan RI di Britama Sport Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (3/11). Foto: Ricardo JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tes CPNS untuk pelamar umum dan honorer kategori dua (K2) dilakukan serentak baik pusat maupun daerah, Minggu (3/11). Setiap peserta tes harus menjawab sekitar 150 pertanyaan selama 1,5 jam dengan tingkat lima tingkat variasi soal. Itu berarti setiap peserta tidak akan menerima soal yang sama.

"Dijamin tidak ada yang bisa saling nyontek. Bagaimana bisa nyontek kalau soalnya berbeda-beda," kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) Eko Prasojo kepada JPNN, Sabtu (2/11).

Meski setiap peserta menerima soal berbeda, namun menurut guru besar UI ini, tingkat kesulitan dan bobot soal sama. Perbedaan soal ini dimaksudkan agar masing-masing peserta tes tidak bisa kongkalikong.

"Makanya kami sudah sering sosialisasikan, belajar dan belajar. Kalau serius belajar insya Allah bisa jawab, di sini gak bisa saling tolong menolong, karena peserta dilarang membawa alat komunikasi seperti handphone dan sejenisnya," tegasnya.

Apakah seluruh daerah serentak melaksanakan tes CPNS, Eko Prasojo mengatakan, kecuali Papua dan NTT dilaksanakan Senin (4/11). Sedangkan daerah lain diwajibkan Minggu (3/11).

"Karena Minggu merupakan hari ibadah bagi umat kristiani, Papua dan NTT meminta untuk diundurkan Senin. Panselnas sudah memberikan persetujuan karena ini menyangkut hak asasi juga," terangnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Tes CPNS untuk pelamar umum dan honorer kategori dua (K2) dilakukan serentak baik pusat maupun daerah, Minggu (3/11). Setiap peserta tes


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News