Hari Jadi ke-728 Surabaya, Pemkot Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis, Ayo Daftar!

Hari Jadi ke-728 Surabaya, Pemkot Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis, Ayo Daftar!
Orang tua yang anaknya mendapatkan operasi bibir sumbing gratis di hari jadi Kota Surabaya ke-728. Foto: Humas Pemkot Surabaya.

jpnn.com, SURABAYA - Pemkot melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya menggelar pemeriksaan dan operasi bibir sumbing gratis untuk 20 anak di Klinik Bedah Plastik RSUD Dr Mohamad Soewandhie Surabaya, Senin (31/5).

Kadinkes Surabaya Febria Rachmanita mengatakan penggratisan operasi itu untuk memperingati hari jadi ke-728 Kota Pahlawan.

Dia menjelaskan sebelum tindakan operasi, pasien wajib melakukan berbagai persiapan, mulai dari screening hingga pemeriksaan penunjang lainnya. 

"Puluhan pasien yang kami operasi warga Surabaya dan satu asal luar kota," jelas dia. 

Feny sapaan akrab Febria Rachmanita itu menyebut pelaksanaan operasi dilakukan secara bertahap. "Ini sampai tanggal 8 Juni 2021," kata dia. 

Feny menceritakan bahwa ada salah satu pasien berusia tujuh tahun enggan bersekolah lantaran malu dengan teman-temannya. Akhirnya petugas merayunya agar mau dioperasi.

"Akhirnya dia mau operasi dan mudah-mudahan tahun ajaran ini bisa sekolah," beber dia. 

Feny menambahkan, fasilitas yang tersedia di klinik bedah plastik RS Soewandhi itu tak hanya diperuntukkan bagi warga Surabaya saja.

“Nah, warga Surabaya bisa memanfaatkan fasilitas Universal Health Coverage (UHC). Bagi yang bukan warga Surabaya, kami dapat bantuan dari yayasan perhimpunan dokter bedah plastik untuk luar kota,” ungkap dia.

Feny menegaskan pihaknya tidak membatasi jumlah peserta.

Untuk itu, siapa saja yang membutuhkan pelayanan fasilitas tersebut segera mendaftar klinik bedah. 

"Kalau sudah lewat 9 Juni pasien tidak hanya untuk anak-anak, tetapi dewasa juga bisa ikut mendaftar. Kamu akan layani silakan datang," pungkas Feny. (mcr12/jpnn)


Puluhan anak mendapatkan layanan operasi bibir sumbing secara gratis dalam perayaan hari jadi ke-728 Kota Surabaya


Redaktur & Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News