Hari Kedua, UMKM Binaan Pertamina Raih Transaksi Rp 1,3 Miliar di Inacraft 2024

Hari Kedua, UMKM Binaan Pertamina Raih Transaksi Rp 1,3 Miliar di Inacraft 2024
UMKM binaan PT Pertamina kembali membuktikan keunggulannya dengan mencatat transaksi penjualan lebih dari Rp1,3 miliar pada hari kedua di Inacraft 2024. Foto: dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - UMKM binaan PT Pertamina (Persero) kembali membuktikan keunggulannya dengan mencatat transaksi penjualan lebih dari Rp1,3 miliar pada hari kedua ajang di Inacraft 2024 yang digelar Balai Sidang Jakarta Convention Center.

29 UMKM binaan Pertamina yang ikut dalam pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara itu sukses mencuri perhatian pengunjung dari dalam dan luar negeri.

“Ini bertujuan agar produk-produk lokal bisa mendapatkan tempat di pasar global, sekaligus memberikan multiplier effect terhadap perekonomian masyarakat dan menggerakan ekonomi nasional,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso.

Dia menyebutkan, keikutsertaan UMKM binaan Pertamina dalam Inacraft 2024 merupakan langkah penting dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal, agar produk UMKM semakin berkembang dan berdaya saing, serta go global berekspansi ke pasar internasional.

Salah satu UMKM yang produknya laris manis diserbu pengunjung luar negeri adalah Menday Craft.

Eva Harliah, Pemilik Menday Craft mengungkapkan produknya kerajinan anyaman pandan laut, dengan produk unggulannya tikar pandan, menjadi produk terlaris.

Tikar pandan merupakan produk buatan tangan (handmade) dari pandan laut pesisir Pantai Cermin, sekitar 30 kilometer dari pusat kota Medan. Selain tikar pandan, produk lain yakni tas, dompet, sandal dan lainnya.

"Saya sangat terharu atas respons pengunjung Inacraft 2024 khususnya pengunjung luar negeri untuk produk tikar pandan. Produk tikar pandan menjadi rebutan pengunjung mancanegara karena keunikan anyaman tangan langsung tanpa sentuhan mesin,” ujar Eva Harliah berkaca-kaca.

UMKM binaan PT Pertamina kembali membuktikan keunggulannya dengan mencatat transaksi penjualan lebih dari Rp1,3 miliar pada hari kedua di Inacraft 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News