Hari Kemerdekaan di Kota Pahlawan, Upacara di Mal, ke Makam, Pilih Tanggal Kelahiran

Hari Kemerdekaan di Kota Pahlawan, Upacara di Mal, ke Makam, Pilih Tanggal Kelahiran
Ilustrasi.

jpnn.com - SURABAYA – Beragam acara digelar warga negara Indonesia untuk memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI di berbagai tempat, kemarin (17/8). Di sejumlah lokasi, upacara dan sejumlah perhelatan digelar. Sebagian yang lain memilih angka 17 sebagai tanggal kelahiran anak mereka.

Di Pasar Atom Mall, Jalan Bunguran, misalnya, sebanyak 3.500 etnis Tionghoa di Surabaya mengadakan upacara untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI kema- rin. Upacara itu dipimpin oleh Mayjen TNI Marinir (Pur) Herman A. Hermanto.

“Kami berharap acara ini bisa memotivasi warga Tionghoa untuk lebih seman- gat dalam melakukan pembangunan ekonomi di Indonesia,” kata CEO Pasar Atom Mall Alim A. Hermanto

Setelah upacara selesai digelar, acara dilanjutkan dengan perhelatan drama tentang perjuangan para pahlawan. Drama tersebut menceritakan perjuangan masyarakat Surabaya dan etnis Tionghoa yang berjuang bersama-sama untuk memerdekakan Indonesia.

Ketua Paguyuban Masyarakat Tionghoa di Surabaya, Liem Ou Yen, menyatakan bahwa dirinya bangga dengan upacara kemerdekaan yang diikuti oleh etnis Tionghoa tersebut. 

“Kami bangga bisa melaksanakan upacara kemerdekaan. Ini merupakan kali kelima belas secara berturut-turut sejak tahun 2001,” kata Liem.

Hal lain yang dilakukan sebagian masyarakat Surabaya adalah menanti kelahiran pada 17 Agustus. Hal tersebut terjadi pada enam kelahiran di sejumlah rumah sakit. Termasuk di RSUD dr Soetomo.

“Kami memberi hadiah bagi ibu yang melahirkan pada hari ini (kemarin, Red),” ujar Humas RSUD dr Soetomo, Urip Murtedjo.

SURABAYA – Beragam acara digelar warga negara Indonesia untuk memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI di berbagai tempat, kemarin (17/8). Di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News