Hubungan Rambut dan Kesehatan Anda

Hubungan Rambut dan Kesehatan Anda
afp

jpnn.com - LONDON – Rambut ternyata menyimpan rahasia tentang kesehatan Anda. Perubahan warna atau kerontokan rambut yang terjadi lebih dini ternyata bisa jadi pertanda ada masalah pada tubuh Anda.

Berikut ini beberapa masalah rambut dan kaitannya dengan kesehatan Anda.

1. Anda bisa memiliki masalah autoimun

Ini jarang terjadi, tetapi sistem kekebalan tubuh bisa mengaktifkan folikel rambut Anda. Hasilnya Anda bisa kehilangan rambut secara aneh. Di antaranya berupa patch melingkar (disebut alopecia areata) atau kehilangan semua rambut di kulit kepala Anda (alopecia totalis).

2. Hormon Anda tidak seimbang

Sebuah peningkatan pertumbuhan rambut mendadak disebabkan ketidakseimbangan hormon pria. Secara alami memang ada pada laki-laki dan perempuan dalam jumlah yang berbeda. Jika Anda mengalami peningkatan testosteron, rambut Anda akan tumbuh secara berlebih.

3. Ada masalah dengan ovarium Anda

Penyebab paling umum adalah sindrom ovarium polikistik, yang ditandai dengan pembesaran ovarium yang berisi koleksi kecil cairan, yang disebut folikel. Kedua penyebab paling mungkin adalah obesitas, yang juga bisa menemani sindrom ovarium polikistik. (fny/jpnn)

LONDON – Rambut ternyata menyimpan rahasia tentang kesehatan Anda. Perubahan warna atau kerontokan rambut yang terjadi lebih dini ternyata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News