Hari Pangan Sedunia, Alumni ITB Ingatkan Pemerintah Hadapi Kenyataan

Hari Pangan Sedunia, Alumni ITB Ingatkan Pemerintah Hadapi Kenyataan
Rembuk Daerah I Tantangan Pangan Masa Depan. Foto: dok PP IA-ITB

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Pengendalian Kebijakan dan Sumber Daya Alumni (LPKSDA) Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITB (PP IA-ITB) 2021-2025 memulai rangkaian kegiatan Rembuk Daerah dan Rembuk Alumni ITB tahun 2021-2024.

Kegiatan Rembuk Daerah pertama dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia pada Sabtu 16 Oktober 2021 dan membahas topik mengenai Tantangan Pangan Masa Depan.

Ini didasari oleh peringatan berbagai sumber, termasuk dari Presiden Joko Widodo pada Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian tahun 2021 mengenai krisis pangan yang mengancam Indonesia di masa mendatang.

Indeks Ketahanan Pangan Indonesia yang mengalami turning point di tahun 2020 dalam laporan The Economist Intelligence Unit seolah menguatkan peringatan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“Permasalahan pangan bukanlah hal yang ringan dan dapat kita abaikan. Jika tidak diperhatikan sejak sekarang, mungkin besok anak dan cucu kita atau bahkan kita sendiri akan mengalami krisis yang begitu pelik di negara yang begitu kaya dengan sumber daya ini. Oleh sebab itu topik ketahanan pangan ini akan menjadi sangat relevan untuk didiskusikan dan dicari solusi terbaiknya atas permasalahan yang tengah dihadapi.”, tutur Gembong Primadjaja, Ketua Umum PP IA-ITB 2021-2025.

“Kita berharap seluruh alumni ITB dan elemen masyarakat dapat bersatu serta berkarya dan berkreasi bukan hanya menjadi wahana untuk menjaga arah, tujuan, dan dinamika pembangunan yang kita lakukan bersama, tetapi juga sebagai wahana untuk memperteguh hati dan langkah dalam bekerja bersama, demi kejayaan Republik Indonesia," tambah Gembong.

Seperti diketahui, pandemi covid-19 yang melanda dunia ini memang telah membuat lumpuh berbagai sektor, termasuk sektor distribusi bahan makanan dan komoditas.

Menghadapi hal ini, LPKSDA PP IA-ITB memberikan sebuah wahana diskusi mengenai kemungkinan terjadinya krisis pangan dan langkah taktis untuk mencegah terjadinya krisis tersebut.

Hari Pangan Sedunia mengingatkan pemerintah Indonesia bersiap-siap menghadapi berbagai krisis yang bisa saja terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News