Mentan SYL: Temanggung Dinilai Cocok jadi Sentra Hortikultura

Mentan SYL: Temanggung Dinilai Cocok jadi Sentra Hortikultura
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (15/10). Foto: dok Humas Kementan

jpnn.com, TEMANGGUNG - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo berharap Temanggung yang dikenal sebagai daerah sentra produksi komoditas cabai, kentang dan bawang agar bisa di-scale up terutama dalam peningkatan food estate berbasis hortikultura.

Hal itu diungkapkan Mentan SYL saat megunjungi acara Kick-Off Pengembangan Food Estate di Embung Bansari sekaligus inspeksi benih bawang merah dan bawang putih di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (15/10).

Dia mengatakan, Temanggung dipilih karena dinilai eksis menjadi sentra produksi komoditas utama hortikultura seperti cabai, kentang, bawang merah dan bawang putih.

"Lokasinya berada di kawasan eksisting yang lahan budidaya sudah ada," kata Mentan.

Para petani Temanggung, kata dia, sudah terbiasa melakukan budi daya hortikultura dengan infrastruktur dasar kawasan yang memadai.

Dia mencontohkan food estate hortikultura yang ada di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Menurut dia, sebagian petani di sana baru pertama kali menanam komoditas hortikultura tertentu, tetapi sudah menunjukkan hasil yang memuaskan.

"Saya yakin, Temanggung bisa lebih dari itu," tutur Mentan SYL.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap Temanggung yang dikenal sebagai daerah sentra produksi komoditas cabai, kentang dan bawang agar bisa di-scale up.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News