Mentan Syahrul Pastikan Pasokan Jagung Melimpah, Ini Buktinya...

Mentan Syahrul Pastikan Pasokan Jagung Melimpah, Ini Buktinya...
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri acara panen jagung di Desa Banjarsari, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Rabu (29/9). Foto: Kementan

jpnn.com, GROBOGAN - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri acara panen jagung di Desa Banjarsari, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Rabu (29/9).

Mentan Syahrul juga menyaksikan acara panen serempak di seluruh wilayah Indonesia lainnya secara virtual.

"Panen jagung di Grobogan ini mewakili gerakan pertanian khususnya jagung yang ada di seluruh nusantara," kata Mentan Syahrul.

Berdasarkan data prognosa Kementan dan BPS, luas panen jagung nasional Januari-Desember 2021 seluas 4,15 juta hektare.

Produksi bersihnya sebesar 15,79 juta ton dengan kadar air 14 persen.

Kebutuhan jagung setahun untuk pakan, konsumsi dan industri pangan totalnya 14,37 juta ton, sehingga dengan menambahkan stok akhir Desember 2020 (carry over) sebesar 1,43 juta ton, diperoleh stok jagung 2021 sebanyak 2,85 juta ton. .

"Kalau begitu tidak ada masalah dengan stok jagung kita tahun ini, kecuali cari jagung sampai tujuh ribu ton di supermarket tidak mungkin dapat. Tapi kalau turun ke petani dan Grobogan hari ini pasti ada berapa saja maunya," tegas mantan Gubernur Sulsel itu.

Mentan Syahrul menyampaikan ketersediaan jagung dalam negeri dipastikan aman karena komoditas ini mudah ditanam di seluruh daerah Indonesia.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan stok jagung mencukupi hingga akhir tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News