Hari Pertama Vaksinasi Booster, Sebegini Dosis yang Disiapkan Puskesmas Kramat Jati

Hari Pertama Vaksinasi Booster, Sebegini Dosis yang Disiapkan Puskesmas Kramat Jati
Vaksin booster COVID-19. Foto/Ilustrasi: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah secara resmi telah memulai vaksinasi booster secara gratis di Puskesmas Kramat Jati dan RSUD Tangerang Selatan, Rabu (12/1).

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan semua tahapan pelaksanaan vaksinasi booster di Puskesmas Kramat Jati telah dilakukan.

Syarat penerima vaksin booster juga telah dipastikan, yakni telah mendapatkan dua dosis vaksin minimal enam bulan usai vaksinasi dosis kedua.

Dia mengapresiasi Puskesmas Kramat Jati karena selain launching vaksinasi booster, juga masih berlangsung vaksinasi dosis pertama dan kedua, serta vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

“Yang menarik di sini adalah pelaksanaan vaksinasi booster beriringan dengan vaksinasi dosis pertama dan kedua, dan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Ini bisa jadi percontohan untuk fasilitas kesehatan lainnya dalam melaksanakan vaksinasi,” kata Maxi, Rabu (12/1).

Kepala Puskesmas Kramat Jati Inda Mutiara menambahkan vaksin booster yang telah disiapkan sebanyak 150 dosis untuk hari ini.

“Kemarin kami sampaikan kepada lurah setempat bahwa vaksin booster sudah bisa diakses di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati," ujar Inda.

Jenis vaksin yang diberikan ialah setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca bagi penerima vaksin primer Sinovac.

Pemerintah secara resmi memulai vaksinasi booster secara gratis di Puskesmas Kramat Jati dan RSUD Tangerang Selatan, Rabu (12/1). 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News