Hari Santri, PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Hari Santri, PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning
Wakil Ketua Fraksi PKS Aboe Bakar Alhabsy. Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bertepatan dengan Hari Santri Nasional, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar final lomba baca Kitab Kuning di kantor DPP PKS, Jalan Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (22/10).

Ini merupakan lomba yang kedua kalinya, setelah perhelatan pertama tahun lalu sukses.

“Lomba ini merupakan bentuk penghargaan PKS terhadap Kitab Kuning, yang menjadi simbol intelektualitas dalam Islam,” kata Wakil Ketua Fraksi PKS Aboe Bakar Alhabsy, Minggu (22/10).

Dia mengatakan, diselenggarakannya lomba baca Kitab Kuning sebagai upaya untuk merangsang generasi muda untuk meningkatkan kemampuannya dalam membaca literatur asing yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia.

Semakin banyak generasi muda yang mampu menelaah Kitab Kuning, diharapkan akan berpengaruh positif pada pengetahuan keagamaan masyarakat.

“Selain itu diyakini hal ini akan dapat meningkatkan moralitas masyarakat dibidang keagamanan,” ujarnya.

Di sisi lain, kata dia, ini adalah bentuk apresiasi PKS untuk para pesantren. Dengan kegiatan seperti ini, lulusan pesantren akan memiliki ajang untuk berlomba dan mengukur kemampuannya. “Selama ini, belum ada kegiatan serupa yang dilaksanakan di Indonesia,” katanya.

Ke depan, Aboe ingin mengembangkan kegiatan serupa, seperti mungkin penulisan ilmiah Kitab Kuning, debat Kitab Kuning, atau yang lainnya.

Lomba ini merupakan bentuk penghargaan PKS terhadap Kitab Kuning, yang menjadi simbol intelektualitas dalam Islam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News