Hartoyo: Ada Cowok Pakai Lipstik, ya Biarkan Saja

Hartoyo: Ada Cowok Pakai Lipstik, ya Biarkan Saja
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Aktivis Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) Hartoyo meminta agar pemerintah dan masyarakat bisa membuka mata terhadap kehadiran orang-orang yang mempunyai kelainan seksual menyimpang.

Terlebih, kehadiran para LGBT sebenarnya begitu dekat dengan lingkungan sekitar. Bisa jadi kata Hartoyo, mereka adalah bagian dari keluarga sendiri.

"Kalau ada perempuan tampilan rambutnya gundul, ada perempuan gayanya macho maskulin atau kalau ada cowok pakai kalung dan pakai lipstik ya biarkan saja. Mereka (LGBT) ini bisa jadi adik, kakak, teman atau bahkan orangtua kita. Jadi nggak perlu dikucilkan atau dibully, biarkan mereka menjadi diri mereka sendiri," ujar Hartoyo.

Kehadiran para LGBT tak perlu dikucilkan atau didiskriminasi. Mereka sambung Hartoyo, hanya membutuhkan ruang khusus untuk diakui dan dihargai keberadaannya.

"Jadi hormati semua orang. Manusia kan memang beragam, jangan dipaksakan untuk jadi seperti orang lain. Itu yang juga sedang kami perjuangkan," tegas Hartoyo dalam diskusi 'LGBT, Beda Tapi Nyata' di Cikini, Jakarta, Sabtu (20/2). (chi/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News