Hartoyo: LGBT Butuh Pengakuan

Hartoyo: LGBT Butuh Pengakuan
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Aktivis Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) Hartoyo mengatakan, ada dampak positif jika orang-orang yang mempunyai kelainan seksual menyimpang diterima dengan baik oleh masyarakat.

Selain bisa menjadi diri mereka sendiri, para LGBT juga bisa lebih leluasa untuk berkarya. Hartoyo lantas mencontohkan perancang busana Oscar Lawalata.

Dengan kejujuran Oscar mempunyai kelainan seksual, yang kemudian diterima dan dirangkul dengan baik oleh ibunya, Reggy Lawalata. Pria 36 tahun itu kini bisa leluasa menjadi dirinya sendiri. Bahkan karya Oscar sudah sampai ke luar negeri.

"Oscar Lawalata, kalau dia nggak terbuka sama ibunya dan akhirnya bisa diterima dengan baik oleh Reggy Lawalata. Mau jadi apa dia sekarang? Paling ada di Taman Lawang dia. Tapi karena diasuh dan didik dengan baik, desainnya sudah mendunia sekarang," kata Hartoyo di Cikini, Jakarta, Sabtu (20/2).

Hartoyo berharap pemerintah dan masyarakat bisa lebih melek lagi terhadap kehadiran para LGBT di sekitar mereka. "Jangan dikucilkan atau didiskriminasi, mereka cuma butuh pengakuan dan wadah khusus untuk berkreasi," tandas Hartoyo. (chi/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News