Harus Ambil Langkah Diplomatik

Terkait Penarikan Indomie di Taiwan

Harus Ambil Langkah Diplomatik
Harus Ambil Langkah Diplomatik
JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD), M Jafar Hafsah, menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia wajib melakukan diplomasi politik terhadap penarikan produk Indomie yang dilakukan Pemerintah Taiwan. Alasannya, bukan tak mungkin ada persaingan bisnis di balik pelarangan Indomie di Taiwan.

"Itu (diplomasi) wajib. Semua yang berkaitan dengan masyarakat, perusahaan dan lainnya harus wajib mendapatkan pengawalan dari pemerintah. Atase perdagangan kita juga harus turun secepatnya," kata M Jafar Hafsah di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (12/10).

Mantan Dirjen Bina Produksi Tanaman Pangan Kementrian Pertanian itu juga mempersoalkan adanya perbedaan standar tentang bahan pengawet yang diterapkan di Indonesia dengan di Taiwan. Menurut Jafar, menerapkan aturan zat pengawet bahan makanan 250 miligram per 1 kilogram. Sementara Indonesia, menerapkan standar 1000 miligram per 1 kilogram.

"Tapi tentunya harus dihitung lagi berapa rasio terhadap zat pengawet itu. Ini yang menjadi perhatian kita," katanya.

JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD), M Jafar Hafsah, menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia wajib melakukan diplomasi politik terhadap penarikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News