Harus Siap Jawab Pertanyaan Dewan

Harus Siap Jawab Pertanyaan Dewan
Harus Siap Jawab Pertanyaan Dewan
JAKARTA - Perseteruan DPR versus Pertamina nampaknya masih akan berkepanjangan. Komisi VII DPR  menganggap Direktur Utama PT. Pertamina Karen Agustiawan belum menjabarkan visi dan misinya sebagai pejabat dirut baru. ''Sebagai pejabat Dirut baru hingga saat ini Karen belum menjabarkan visi dan misinya maupun langkah-langkah yang akan dilakukan perusahaan ke depan,  tetapi justru surat protes yang  ia lakukan,'' kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Sonny Keraf kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/2).

Mantan Menteri KLH era Megawati ini mengaku heran dengan sikap direksi Pertamina yang baru. Ia juga menolak, jika pertanyaan sejumlah anggota komisi VII terlalu memojokkan posisi Karen. Menurutnya, berbagai pertanyaan yang dilayangkan anggota komisi VII masih dalam batas wajar, sehingga hal itu seharusnya ditanggapi secara dingin bukan dengan emosi. ''Saya kira masih wajar jika komisi VII mempertanyakan banyak hal kepada Dirut baru, karena hal itu merupakan bagian dari konteks pengawasan Dewan terhadap pemerintah,'' Sonny menegaskan.

Menurut Sonny, dalam menjalankan fungsinya, anggota DPR bisa bertanya apa saja kepada mitra-mitra kerjanya. Tanpa ada pembatasan bentuk pertanyaan dari siapa pun. Dan sampai saat ini belum ada pihak-pihak yang berkebaratan untuk memberikan jawaban yang diperlukan anggota Dewan. ''Para Menteri hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono , hingga saat ini juga tidak pernah menyampaikan keberatannya dengan berbagai pertanyaan yang dilayangkan anggota dewan,'' Sonny menandaskan.

Sikap Karen yang mudah tersinggung dengan pertanyaan DPR mengundang tanda tanya anggota Dewan. Sebab, sebagai mantan direktur hulu di perusahaan yang sama, Karen sebenarnya sudah terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan keras yang dilayangkan anggota dewan, karena sebelumnya ia juga selalu mengikuti rapat dengar pendapat dengan DPR.Karena itu, tegas Sonny, sebagai pejabat publik seharusnya Dirut Pertamina menerima dengan santun setiap kritik  yang tertuju kepadanya dan kemudian menjawabnya dengan bukti kinerja.

JAKARTA - Perseteruan DPR versus Pertamina nampaknya masih akan berkepanjangan. Komisi VII DPR  menganggap Direktur Utama PT. Pertamina Karen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News