Harus Ubah Konsepsi Junche

Harus Ubah Konsepsi Junche
Harus Ubah Konsepsi Junche
KOREA Utara (Korut) memang memiliki bahan-bahan untuk membuat setidaknya delapan senjata nuklir. Tetapi, tahukah Anda, tak ada internet di negeri yang secara teknik masih berperang dengan Korea Selatan itu?

Telepon seluler memang ada, tetapi hanya bisa digunakan untuk melakukan kontak domestik. Di sekujur negeri semenanjung tersebut juga terdapat 200-an kamp tahanan yang diperuntukkan para tahanan politik. Perekonomian juga dikontrol penuh oleh negara dan hak pribadi tak diakui.

Itulah wujud Korut selama 17 tahun kepemimpinan Kim Jong-il yang meninggal karena serangan jantung Sabtu lalu (17/12): sangat tertutup dan terisolasi. Hubungan luar negeri yang aktif praktis hanya dilakukan dengan Tiongkok dan Rusia.

Karena itu, pertanyaan terbesar yang menggelayut sepeninggal Kim yang digantikan oleh si anak, Kim Jong-un, adalah bisakah sedikit angin kebebasan berembus ke Korut. Setidaknya seperti yang dialami warga dua negara sosialis lain, Kuba dan Rusia, saat ini.

KOREA Utara (Korut) memang memiliki bahan-bahan untuk membuat setidaknya delapan senjata nuklir. Tetapi, tahukah Anda, tak ada internet di negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News