Haruskah Mandi Air Dingin di Pagi Hari?

Haruskah Mandi Air Dingin di Pagi Hari?
Ilustrasi mandi.

jpnn.com - Bagi sebagian orang, bangun pagi memerlukan ‘usaha’ keras karena malas untuk beranjak dari tempat tidur.

Apalagi saat harus mandi dengan air dingin saat udara pagi juga sama dinginnya dengan air di kamar mandi.

Akhirnya, air hangat pun menjadi pilihan yang lebih disukai.

Ternyata, mandi air hangat di pagi hari justru dapat merugikan tubuh, karena itu Anda disarankan untuk mandi air dingin. Faktanya, mandi air dingin di pagi hari jauh lebih baik untuk kesehatan. Bagaimana bisa?

Mandi air hangat sebenarnya tak sepenuhnya buruk, apalagi jika Anda melakukannya di malam hari. Air yang hangat bisa membantu mengendurkan otot, meredakan stres, dan membantu mengatasi kesulitan tidur atau insomnia.

Sayangnya, hal ini kurang tepat jika terus-terusan Anda lakukan, khususnya di pagi hari. Kebiasaan mandi air hangat di pagi hari bisa memicu sakit kepala karena adanya perubahan suhu dari dinginnya udara pagi.

Air hangat dapat mengubah tekanan darah dalam tubuh. Ini termasuk di daerah kepala, yang akhirnya akan memicu timbulnya rasa sakit di kepala dengan puncak sensasi tertusuk tajam di area dahi. Hal ini biasanya berlangsung dalam waktu 30–60 detik setelah tersiram air.

Bagaimana dengan air dingin? Mandi air dingin di pagi hari ternyata dapat memberi manfaat bagi kulit dan pembuluh darah. Selain itu, air yang dingin juga bisa meningkatkan semangat.

Kira-kira mana yang lebih bagus, mandi air dingin atau air hangat saat pagi hari?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News