Kamis, 27 Juni 2019 – 09:23 WIB

Haruskan Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Setiap Hari?

Selasa, 11 Juni 2019 – 10:13 WIB
Haruskan Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Setiap Hari? - JPNN.COM

jpnn.com - Banyak ahli sepakat bahwa olahraga yang paling mudah dilakukan adalah jalan kaki. Belakangan agar lebih sehat, muncul anjuran untuk jalan kaki 10.000 langkah per hari. Wah, banyak sekali! Kalau dari segi medis, benarkah perlu berjalan kaki sebanyak itu agar bisa merasakan manfaat sehatnya?

Dikatakan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, jalan kaki sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena masuk dalam kategori olahraga aerobik.

“Aerobik secara umum baik untuk kesehatan jantung dan paru. Karena saat dilakukan, olahraga tersebut akan memicu kerja jantung sekaligus memompa darah, sehingga organ-organ tubuh mendapatkan oksigen dan nutrisi,” ungkapnya.

Lebih dari itu, dikutip dari laman BetterHealth, jalan kaki dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil, menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Jalan kaki juga diketahui dapat mencegah terjadinya osteoporosis, osteoartritis, serta membantu mengurangi tekanan darah pada beberapa orang dengan hipertensi.

Namun, untuk mendapatkan semua manfaat itu, perlukah berjalan kaki hingga 10.000 langkah per hari?

Apakah harus 10.000 langkah?

Banyak yang percaya bahwa jumlah langkah per hari itu penting. Semakin banyak jumlah langkah kaki, maka hasilnya untuk kesehatan makin bisa dirasakan. Meski begitu, menurut studi terbaru yang diterbitkan di jurnal kesehatan “JAMA Internal Medicine” 2019, target hingga 10 ribu langkah kaki tak terlalu dibutuhkan.

Studi tersebut mengamati hampir 17.000 wanita lansia, dengan usia rata-rata 72 tahun. Temuannya, risiko kematian berkurang sebesar 41 persen ketika mereka berjalan sebanyak 4.400 langkah setiap harinya, dibandingkan dengan wanita yang hanya berjalan 2.700 langkah. Menariknya, partisipan juga ditemukan merasakan manfaat tambahan jika berhasil mencapai 7.500 langkah sehari, tetapi kemudian risiko kematian tercatat meningkat.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar