Hasanah Siapkan Terobosan agar Sampah Jadi Rupiah

Hasanah Siapkan Terobosan agar Sampah Jadi Rupiah
Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin saat berdialog dengan pengrajin briket sampah Ujang Solihin di Kabupaten Ciamis, Selasa (3/4).Foto: RMOL Jabar/JPG

jpnn.com, CIAMIS - Persoalan sampah masih menjadi masalah yang belum terpecahkan di berbagai daerah, termasuk Jawa Barat (Jabar). Masalah itu pula yang menjadi perhatian duet calon gubernur dan calon wakil gubernur Jabar TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah).

Menurut Hasanuddin, yang diperlukan adalah terobosan dan inovasi untuk mengatasi persoalan sampah. Sebab, kurangnya inovasi dalam mengelola sampah menimbulkan berbagai permasalahan termasuk banjir dan polusi udara.

“Pengelolaan sampah bisa menjadi hal yang bermanfaat dan mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi masyarakat Jawa Barat,” ujar Hasanuddin saat menemui pengrajin briket sampah di Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Selasa (3/4).

Calon gubernur yang akrab disapa dengan panggilan Kang Hasan itu mengaku telah menyiapkan program Turkamling yang juga menjangkau pengelolaan sampah. Program itu juga mendukung masyarakat yang mempunyai kreativitas dalam mengelola sampah menjadi hal yang bermanfaat seperti briket.

"Pengrajin briket ini adalah contoh bahwa sampah bisa jadi duit dan dijadikan barang yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis," tutur calon gubernur yang berpasangan dengan Anton Charliyan itu.

Kang Hasan menambahkan, jika kelak terpilih menjadi gubernur Jabar akan merangkul para inovator seperti pengrajin briket untuk berbagi wawasan dan pengalamannya kepada masyarakat luas. Menurutnya, pengrajin briket selain bisa mengatasi permasalah sampah juga mampu membuka lapangan kerja dan menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Pengrajin seperti ini perlu kita apresiasi dan harus terus dikembangkan, ini adalah solusi penumpukan sampah di perkotaan," pungkasnya.

Sementara pengrajin briket Ujang Solihin mengungkapkan rasa bahagianya lantaran dikunjungi Kang Hasan. Ujang menilai mantan tentara dengan pangkat terakhir mayor jenderal itu merupakan calon pemimpin yang merakyat.

Cagub Jabar TB Hasanuddin menyatakan, diperlukan terobosan demi mengatasi sampah. Tujuannya tidak hanya mengatasi sampah, tapi juga mendatangkan keuntungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News