Hasil Riset BMSI Indikasikan Kegiatan UMKM Membaik, Pelaku Usaha Makin Optimistis

Hasil Riset BMSI Indikasikan Kegiatan UMKM Membaik, Pelaku Usaha Makin Optimistis
Direktur Utama BRI Sunarso membeberkan data riset BMSI kuartal satu 2021. Foto dok HIMBARA

jpnn.com, JAKARTA - Hasil Survei Aktivitas Bisnis UMKM pada kuartal I-2021 mengindikasikan kegiatan usaha UMKM semakin membaik dibandingkan dengan sebelumnya.

Hal ini tercermin pada BRI Micro & SME Index (BMSI) yang meningkat dari 81,5 pada kuartal IV-2020 menjadi 93,0 di kuartal I-2021.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso menyatakan pelaku UMKM makin optimistis terhadap prospek usahanya di kuartal II-2021.

"Hal itu ditunjukkan oleh indeks ekspektasi BMSI yang naik signifikan ke 128,0 dari 105,4 di kuartal sebelumnya," kata Sunarso dalam kegiatan BRI Microfinance Outlook 2021 yang mengambil tema “Adapting Through Innovation & Synergy” dan diadakan secara virtual pada Rabu (28/4).

Sunarso mengungkapkan setidaknya ada empat faktor yang menyebabkan BMSI naik.

Pertama, kata dia, meningkat aktivitas masyarakat di luar rumah seiring dengan melandainya kasus infeksi baru Covid-19 dan program vaksinasi yang terus meluas.

Kedua, terjadinya peningkatan produksi untuk memenuhi permintaan selama perayaan Imlek, serta antisipasi kenaikan permintaan menjelang Ramadan dan Idulfitri.

Ketiga, faktor musiman panen raya tanaman bahan makanan dan kenaikan harga beberapa komoditas hasil perkebunan.

BRI Micro & SME Index (BMSI) BRI Micro & SME Index (BMSI) yang meningkat dari 81,5 pada kuartal IV-2020 menjadi 93,0 di kuartal I-2021. Mengindikasikan kegiatan usaha UMKM semakin membaik dibandingkan dengan sebelumnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News