Hasil Riset IPR, Ini 5 Menteri Terpopuler di Media

Rabu, 28 April 2021 – 01:58 WIB
Hasil Riset IPR, Ini 5 Menteri Terpopuler di Media - JPNN.com
Presiden Joko Widodo bersama Wapres Maruf Amin memperkenalkan Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 di Veranda Depan Istana Merdeka, Rabu (23/10). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Political Review (IPR) melakukan riset media monitoring menteri kabinet Indonesia Maju untuk mengukur tingkat kepopuleran para pembantu Presiden Jokowi tersebut di media daring nasional.

Riset ini dilakukan selama tiga bulan sejak tanggal 1 Januari – 31 Maret 2021. Riset dilakukan terhadap 9 (sembilan) media online berskala nasional antara lain  Detik.com, Kompas.com, Liputan6.com, Republika.co.id, Tempo.co, Kumparan.com, Beritasatu.com, JPNN.com, dan Medcom.id.

Metode yang digunakan dalam riset ini adalah melakukan pencarian data berita melalui Google Search dengan menggunakan kata kunci 34 nama menteri.

Hasil pencarian dan pengumpulan data ini tidak mutlak 100 persen karena sangat tergantung pada bagaimana Google meng-indeks artikel pada media terkait, akurasi pengumpulan berita dengan metode ini sekitar 96 persen.

Pada rentang 1 Januari-31 Maret 2021, dari 9 media yang dimonitoring terkumpul data 31.482 berita. Pemberitaan tertinggi berada pada bulan Maret dengan 12.999 berita.

Sedangkan media yang paling banyak memberitakan Menteri Kabinet Indonesia Maju adalah Detik.com dengan jumlah berita 5.112. Kemudian disusul Kompas.com 5.071 berita dan Liputan6.com 4.309 berita.

Secara umum semua media mengalami kenaikan jumlah berita pada bulan Maret, meski ada yang jumlah beritanya menurun pada bulan tersebut seperti kompas.com, namun jumlahnya tidak signifikan.

Kemudian, menteri yang paling popular atau paling banyak diberitakan, urutan pertama diduduki Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan jumlah pemberitaan sebanyak 2.837, kemudian disusul Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dengan 2.779 kali pemberitaan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...