Hasil Riset LPI Sebut Kinerja Kepala BIN Terbaik, Begini Respons Karyono Wibowo

Hasil Riset LPI Sebut Kinerja Kepala BIN Terbaik, Begini Respons Karyono Wibowo
Pengamat politik Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo. Foto: ANTARA/Zuhdiar Laeis

jpnn.com, JAKARTA - Hasil studi Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) yang menempatkan kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan sebagai yang terbaik mendapat tanggapan dari pengamat politik sekaligus Direktur Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo.

Dia menilai hasil kajian itu menggambarkan realitas kinerja para pembantu presiden saat ini.

“Dalam hal daya tanggap, misalnya, jelas Kepala BIN, Panglima TNI, dan Kapolri yang terbaik karena memang tiga institusi itulah yang paling terdepan dalam mengatasi Covid-19 ini dari awal. Menteri-menteri kebanyakan sibuk dengan kompromi partai,” kata Karyono, Kamis (8/7).

Lebih lanjut, pria kelahiran Jawa Tengah itu mengapresiasi kinerja BIN di bawah kepemimpinan Budi Gunawan.

“Selain profesional, Pak Budi Gunawan juga pemimpin yang punya hati. Dia selaras dengan roh pemerintahan Presiden Jokowi,” kata Karyono.

Sebelumnya, Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menyebutkan bahwa kajian pandangan pakar itu merupakan hasil riset kualitatif dan wawancara mendalam terhadap sejumlah pakar untuk memotret performa kabinet Indonesia Maju yang dilakukan selama Januari-Juni 2021 yang dikuantifikasi secara sederhana untuk mendapatkan pengukuran yang pasti.

LPI secara istimewa mengukur kinerja kabinet dalam merespons wabah Covid 19. Hasilnya Kepala BIN Budi Gunawan meraih skor 99 dalam skala 0-100 disusul Panglima TNI dan Kapolri yang sama-sama meraih nilai 98.

Di tangga berikut, ada Menkopolhukam Mahfud MD (96), Menteri Agama Yaqut Cholil (95), Menteri BUMN Erick Thohir (94), Menteri Sosial Risma (93), dan Mendagri Tito Karnavian (91).

Hasil studi Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) yang menempatkan kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan sebagai yang terbaik mendapat tanggapan dari pengamat politik sekaligus Direktur Indonesia Public Institute (IPI), Ka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News