Hasil Riset Segara, Digitalisasi Kemendikbudristek Berdampak Positif Bagi Sektor Pendidikan

Hasil Riset Segara, Digitalisasi Kemendikbudristek Berdampak Positif Bagi Sektor Pendidikan
Lembaga riset Segara Research Institute memaparkan hasil surveinya dalam webinar bertajuk “Efektivitas Teknologi Dalam Ekosistem Dunia Pendidikan di Indonesia, Jumat (12/5). Foto: Tangkapan layar Zoom.

jpnn.com - JAKARTA - Kebijakan Kemendikbudristek mengimplementasikan teknologi digital dalam memajukan dunia pendidikan menuai respons positif.

Sejumlah kepala sekolah, guru, siswa, dosen, dan para pemangku kepentingan lainnya, menilai platform digital Kemendikbudristek berhasil mengoptimalkan kegiatan belajar dan mengajar serta memudahkan proses administrasi sehingga menjadi lebih akuntabel. 

Apresiasi positif ini tercermin dalam riset Segara Research Insitute yang dipublikasikan pada Jumat (12/5).

Direktur Eksekutif Segara Research Insitute Piter Abdullah menjelaskan bahwa dengan menggunakan skala likert 10 (1: sangat tidak setuju – 10: sangat setuju), hasil survei menunjukkan bahwa kehadiran aplikasi dan platform digital Kemendikbudristek disambut sangat baik oleh pelaku dunia pendidikan, dalam hal ini kepala sekolah, guru, dosen dan mitra/industri.

Adapun nilai rata-rata 9,14/10 untuk kepala sekolah, 8,61/10 untuk guru, 9,36/10 untuk dosen dan 9,24/10 untuk mitra/industri. 

Respons positif ini, kata Piter, tidak terlepas dari tingkat penerimaan pelaku dunia pendidikan, dalam hal ini kepala sekolah, guru, dosen dan mitra/industri, terhadap kemajuan teknologi dan digitalisasi.

Tingkat penerimaan yang dimaksud adalah sejauh mana individu mengikuti dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi. 

“Secara rata-rata, tingkat penerimaan kepala sekolah ada diangka 8,84/10, guru di angka 8,67/10, dosen di angka 8,81/10 dan mitra/industri diangka 8,69/10. Hasil ini juga mengindikasikan bahwa hampir seluruh kepala sekolah, guru, dosen dan mitra/industri sangat terbuka pada perkembangan teknologi dan digitalisasi,” kata dia pada webinar bertajuk “Efektivitas Teknologi Dalam Ekosistem Dunia Pendidikan di Indonesia, Jumat (12/5).

Riset membuktikan digitalisasi Kemendikbudristek berdampak positif bagi sektor pendidikan 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News