Hasil SPI KPK 2023, Jawa Tengah Raih Predikat Integritas Tertinggi

Hasil SPI KPK 2023, Jawa Tengah Raih Predikat Integritas Tertinggi
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) 2023 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta pada Jumat (26/1/2024) malam. Foto: Dok. KPK

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) 2023 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta pada Jumat (26/1/2024) malam.

Berdasarkan data hasil SPI yang dibacakan oleh Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memperoleh skor SPI 77,9.

Skor tersebut merupakan indeks integritas tertinggi untuk kategori Provinsi Tipe Besar berdasarkan tipe anggaran dan jumlah sumber daya manusia.

“Untuk provinsi, skor paling baik itu Jawa Tengah, untuk tipe anggaran dan jumlah pegawai besar," kata Pahala saat membaca skor penilaian.

Dalam penyampaiannya, Pahala juga mengumumkan salah satu kota di Jawa Tengah, yakni Kota Surakarta juga memperoleh hasil skor 83,8. Skor itu tertinggi dalam SPI 2023 untuk kategori kota tipe besar.

Pahala menjelaskan survei penilaian integritas tahun 2023 yang dilaksanakan oleh KPK ini melibatkan 550 ribu responden.

Dalam survei ini melibatkan responden internal, esternal, expert, media, dan sebagainya.

Hasil survei merupakan gabungan sudut pandang pegawai instansi, pengguna layanan, penerima manfaat serta pemangku kepentingan berdasarkan persepsi, pengalaman, dan data objektif masing-masing responden.

Data hasil SPI yang dibacakan oleh Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memperoleh skor SPI SPI 77,9.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News