Hasil Survei: Masyarakat Indonesia Kian Sejahtera

Hasil Survei: Masyarakat Indonesia Kian Sejahtera
Masyarakat Indonesia semakin sejahtera. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei yang dilakukan Cigna Corporation menunjukkan, indeks kesejahteraan masyarakat Indonesia dari aspek kesehatan fisik, sosial, keluarga, finansial, dan pekerjaan meningkat 4,4 poin jika dibandingkan dengan tahun lalu. Yaitu, naik dari 61 poin menjadi 65,4 poin pada 2019.

’’Ini sekaligus membawa Indonesia keluar dari jajaran 10 negara dengan persepsi kesejehteraan terendah tahun lalu,’’ ujar Chief Marketing & Strategic Partnership Officer Cigna Indonesia Akhiz Nasution saat memaparkan hasil survei Skor Kesejahteraan 360° kemarin (26/3).

Skor kesejahteraan Indonesia berada di bawah India dengan 74,8 poin; Arab Saudi 67,9 poin; dan Nigeria 67,2 poin. Posisi Indonesia di atas Tiongkok dengan skor 64,4 poin; Uni Emirat Arab 62,9 poin; Spanyol 62,7 poin; serta Thailand dan Amerika Serikat dengan skor sama 62,5 poin.

BACA JUGA: Dengar Ucapan Dokter, Mohamad Nasir Langsung Cemas

’’Korea tercatat sebagai negara dengan indeks kesejahteraan paling rendah di dunia dengan skor 53,2 poin,’’ jelasnya.

Akhiz menjelaskan, kesejahteraan masyarakat tidak hanya diukur dari besaran ekonomi negaranya. Tetapi juga dari persepsi masyarakat terhadap kebahagiaan, kepuasan, dan kesehatan mereka.

’’Berdasar survei ini, ternyata banyak penduduk di negara maju yang merasa kurang sejahtera. Sementara itu, di negara berkembang masyarakatnya cenderung lebih bahagia,’’ katanya.

Penyebabnya adalah ritme hidup di negara maju yang menuntut kerja keras tidak mengenal waktu. Banyak yang merasa hidupnya tertekan, keluarga terabaikan, finansial tidak mencukupi karena biaya hidup yang tinggi, kurang tidur, dan disertai daya tubuh yang menurun. ’’Gaya hidup seperti itu mengakibatkan banyak yang terkena penyakit jantung,’’ ungkapnya.

Hasil survei yang dilakukan Cigna Corporation menemukan fakta bahwa masyarakat Indonesia semakin sejahtera.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News