JPNN.com

Hasil Survei Median: Elektabilitas Gibran Rakabuming Bukan yang Teratas

Senin, 16 Desember 2019 – 17:37 WIB
Hasil Survei Median: Elektabilitas Gibran Rakabuming Bukan yang Teratas - JPNN.com
Gibran Rakabuming Raka. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Median membeber hasil survei terkait elektabilitas para kandidat yang berpotensi maju di Pilwalkot Solo 2020.

Dari survei Median bisa terlihat bahwa putra sulung Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming Raka bukanlah kandidat yang memiliki elektabilitas teratas.

Direktur Utama Median Rico Marbun menuturkan, elektabilitas Gibran masih kalah dibandingkan kandidat lainya yang juga berstatus sebagai Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo.

Mengacu survei Median pada 3-9 Desember 2019, elektabilitas Purnomo menyentuh angka 45,0 persen. Di sisi lain, Gibran hanya mendapatkan 24,5 persen.

"Pak Purnomo masih teratas, disusul kemudian Gibran," ucap Rico di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12).

Setidaknya beberapa alasan yang membuat elektabilitas Purnomo lebih tinggi ketimbang Gibran. Purnomo dianggap memiliki pengalaman dan merakyat. Di sisi lain, responden yang memilih Gibran karena alasan muda dan anak dari Jokowi.

"Namun, masyarakat masih lebih memilih Purnoko karena ia dianggap berpengalaman oleh 42,5 persen, merakyat 8,3 persen, dan belum ada calon lain 6,1 persen," ucap Rico.

Dari sisi popularitas, Gibran pun masih kalah dibandingkan Purnomo. Survei Median menyatakan bahwa Purnomo memiliki tingkat popularitas sebesar 94 persen, sedangkan Gibran hanya 82,3 persen.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo