Hasil Survei Roda Tiga Konsultan: Sedikit yang Setuju Presiden Dipilih MPR

Hasil Survei Roda Tiga Konsultan: Sedikit yang Setuju Presiden Dipilih MPR
Direktur Riset Roda Tiga Konsultan Muhammad Taufiq Arif. Foto: Aristo Setiawan/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Roda Tiga Konsultan membeber hasil survei terkait pandangan dan harapan masyarakat terhadap situasi politik. Satu di antaranya, Roda Tiga Konsultan memotret keinginan rakyat tentang Pemilihan Presiden oleh MPR.

Hasil survei Roda Tiga Konsultan menyatakan bahwa 52,8 persen responden tidak menginginkan Pilpres oleh MPR. Sebanyak 12,3 persen lainnya menyatakan sangat tidak setuju Pilpres oleh MPR.

"Hasil survei kami sebanyak 52,8 persen tidak menginginkan Pilpres melalui MPR," kata Direktur Riset Roda Tiga Konsultan Muhammad Taufiq Arif saat membeber hasil surveu ditemui di Jalan Lebak Bulus Jakarta Selatan, Selasa (17/12).

Masih dari survei Roda Tiga Konsultan, hanya 9,9 responden yang menyatakan setuju Pilpres oleh MPR dan 0,9 sangat setuju.

"Responden yang netral 17,7 dan tidak menjawab sebanyak 6,4 persen," ucap Arif.

Tiga Roda Konsultan juga memotret tentang sikap masyarakat terkait pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang dilakukan oleh DPRD.

Sebanyak 54,3 persen masyarakat menyatakan tidak setuju, 11,9 persen sangat tidak setuju, 0,6 persen sangat setuju dan 10,6 persen setuju. Sementara itu, 17 persen memilih netral dan 5,7 persen tidak menjawab.

Sebagai informasi, Tiga Roda Konsultan melakukan survei pada November sampai Desember 2019. Survei melibatkan 1200 responden dengan margin of error sebesar 2,89 persen.

Hasil survei Roda Tiga Konsultan menemukan mayoritas publik menolak jika presiden dipilih oleh MPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News