Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Kandidat Capres, Wouw!

Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Kandidat Capres, Wouw!
Presiden Joko Widodo alias Jokowi wefie dengan pelajar. Foto Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) memperlihatkan elektabilitas Jokowi masih berada di urutan teratas, melampaui sejumlah nama lainnya yang masuk bursa capres di Pilpres 2019.

"Hasil jawaban responden dari pertanyaan terbuka, 'jika pemilihan presiden dilakukan hari ini, siapa yang anda akan pilih sebagai presiden' menempatkan Joko Widodo di urutan pertama, dipilih oleh 47,8 persen responden," ujar peneliti KedaiKOPi Kunto Adi Wibowo di Jakarta, Rabu (11/7).

Urutan kedua, kata Kunto, terdapat nama Prabowo Subianto (24,4 persen), Gatot Nurmantyo (2,6 persen), Anies Baswedan (1,8 persen), Rizal Ramli (1,4 persen) dan dan SBY (0,4 persen).

"Hasil survei menunjukkan elektabilitas Pak Jokowi masih dominan dibandingkan tokoh nasional lainnya, apalagi didukung dengan kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi yang berada di angka 68 persen," ucapnya.

Kunto menambahkan bahwa peluang tokoh nasional lainnya masih terbuka untuk menantang Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Karena menurut hasil survei teranyar KedaiKOPI, baru 39,1 persen pemilih yang menentukan pilihan mereka.

Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Kandidat Capres, Wouw!

"Jadi masih ada 26,9 persen responden menyatakan baru menentukan pilihan pada waktu kampanye pilpres, dan 32,9 persen akan memutuskan pada hari tenang atau ketika di bilik suara," katanya.

BACA JUGA: Jika Elektabilitas Prabowo Tergerus TGB, Anies Berpeluang

Hasil survei terbaru mengenai elektabilitas kandidat capres, Jokowi berada di posisi teratas dengan raihan 47,8 persen suara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News