Hasil Survei Terbaru: Simulasi 2 Nama Mengejutkan, Lihat Elektabilitas Anies

Hasil Survei Terbaru: Simulasi 2 Nama Mengejutkan, Lihat Elektabilitas Anies
Perayaan HUT ke-78 RI: Anies Baswedan (kanan) mengikuti lomba gebuk bantal di Waduk Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (17/8). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan masih konsisten menempati urutan ketiga.

Hasil survei yang dirilis di Jakarta, Jumat (18/8) itu juga menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat pada urutan pertama dan kedua.

Dalam beberapa simulasi pemilihan presiden (pilpres) yang digelar Indikator Politik Indonesia (IPI) pada 15 Juli sampai 21 Juli 2023, elektabilitas Ganjar unggul pada posisi pertama, terutama dalam skema top of mind (pilihan pertama) para responden, simulasi 34 nama semi terbuka, simulasi 10 nama, sampai simulasi tiga nama bakal capres.

Peneliti utama IPI Burhanuddin Muhtadi menjelaskan tiga nama bakal capres itu dinilai potensial oleh para responden untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024.

"Simulasi tiga nama ini, lagi-lagi kami tanya kebetulan di antara banyak nama, hanya Ganjar, Anies, dan Prabowo yang dinamis dan potensial," kata Burhanuddin saat menyampaikan hasil survei.

Dalam simulasi pilpres dengan tiga nama, elektabilitas Ganjar 35,2 persen suara dari total 1.811 responden, kemudian diikuti Prabowo dengan 33,2 persen, dan Anies sebanyak 23,9 persen.

Namun, posisi itu berbalik saat IPI membuat skema head-to-head antara Ganjar dan Prabowo.

Dalam simulasi dua nama itu, Prabowo memperoleh 47 persen suara responden, sedangkan Ganjar meraih 39,6 persen.

Hasil survei terbaru dengan 2 nama capres menunjukkan posisi Prabowo Subianto langsung berbalik, lihat elektabilitas Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News