Minggu, 27 Mei 2018 – 06:22 WIB

Hasil Survei The Wahid Institute Sungguh Mengejutkan

Kamis, 17 Mei 2018 – 00:05 WIB
Hasil Survei The Wahid Institute Sungguh Mengejutkan - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - The Wahid Institute pernah melakukan survei pada Jambore Rohis Nasional yang diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Hasilnya, 58 persen dari siswa SMA/SMK tersebut, ingin pergi ke Suriah untuk berperang. Ini menjadi indikasi kuat paham radikalisme sudah cukup mewabah di dunia pendidikan.

“Ini adalah alarm bahaya untuk kita semua,” kata Yenny Wahid, Direktur The Wahid Institute.

Meski demikian, Yenny mengatakan tidak bisa sepenuhnya menilai bahwa anak-anak SMA sudah menjadi radikal. Namun, tidak boleh dipungkiri bahwa banyak dari para pelajar maupun mahasiswa yang terpapar materi-materi radikalisme.

“Ya walaupun mereka mengaku mau ke Syria, tapi kalau direalisasikan belum tentu berani juga,” kata Yenny.

Meski demikian, Yenny mengatakan semua pihak tidak boleh tutup mata bahwa kelompok-kelompok radikal berupaya menyasar para pelajar dan guru di sekolah-sekolah.

Pemerintah juga seharusnya mulai turun untuk mendata sekolah-sekolah yang terpapar maupun berpotensi terpapar ajaran radikalisme. Langkah pertama adalah melakukan upaya-upaya persuasif, mengajak diskusi dewan guru dan pengurusnya. “Mereka kan bagian dari NKRI, jadi harus setia dan tunduk pada hukum,” kata Yenny.

Jika memang tidak bisa dilakukan dengan cara-cara persuasif, Yenny mengatakan bahwa pemerintah bisa merumuskan tindakan secara kasuistik. Karena menurut Yenny setiap sekolah memiliki kasus yang berbeda. “Tapi ya kalau memang melanggar hukum, segera ditindak,” pungkasnya. (tau)

 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar