Hasil Survei Y-Publica: Prabowo-Puan Hanya Raih 11,8% Suara

Hasil Survei Y-Publica: Prabowo-Puan Hanya Raih 11,8% Suara
Hasil survei Y-Publica tentang keterpilihan calon presiden di Pilpres 2024. Foto: ANTARA/HO-Dok Y Publica

jpnn.com, JAKARTA - Y-Publica merilis hasil survei elektabilitas sejumlah kandidat capres di Pilpres 2024 mendatang.

Hasil survei Y-Publika menyebutkan, elektabilitas PDI Perjuangan masih berada di atas dan mengalahkan partai-partai lainnya. Namun peta pemilihan calon presiden tampaknya tidak linear dengan pemilihan legislatif.

"Meskipun PDI Perjuangan unggul, yakni mencapai 30,3 persen tetapi tokoh-tokoh yang berpeluang maju dalam Pilpres masih rendah elektabilitasnya," kata Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, stok kader PDI Perjuangan memang cukup berlimpah, di antaranya Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini, dan Puan Maharani yang masuk dalam 10 besar pilihan masyarakat.

Tetapi mereka masih jauh di bawah Prabowo Subianto (23,7 persen), Anies Baswedan (14,7 persen), dan Sandiaga Uno (10,3 persen).

Elektabilitas kader PDI Perjuangan paling tinggi Pranowo (8,0 persen), Risma (3,6 persen), paling buncit Puan (1,1 persen).

Selain itu masih ada Ridwan Kamil (4,9 persen), Erick Thohir (4,1 persen), Mahfud MD (2,9 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (1,6 persen).

"Rata-rata mereka diuntungkan dengan posisi saat ini menjabat di kekuasaan, baik menteri maupun gubernur/walikota," kata Hartono.

Hasil Survei Y-Publica menyebutkan, jika para Pilpres 2024 Prabowo berpasangan dengan Puan Maharani, hanya akan meraih 11,8 persen suara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News