Hasto Ajak Kampus Jadi Medium yang Mengampanyekan Pemikiran Geopolitik Bung Karno

Hasto Ajak Kampus Jadi Medium yang Mengampanyekan Pemikiran Geopolitik Bung Karno
Doktor Ilmu Pertahanan Hasto Kristiyanto dalam seminar ilmiah dosen dalam rangka dies natalies Universitas Sanata Dharma (Sadar) Yogyakarta, Jumat (16/12). Foto: Dokumentasi Hasto Kristiyanto

jpnn.com, YOGYAKARTA - Doktor Ilmu Pertahanan Hasto Kristiyanto mengajak kampus untuk menggelorakan pemikiran geopolitik Proklamator RI Bung Karno.

Hasto mengatakan geopolitik Soekarno bertujuan untuk membangun kepemimpinan Indonesia bagi dunia. Untuk mewujudkannya, memerlukan tradisi intelektual berupa penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan diplomasi internasional.

“Karena itulah kampus menjadi medium yang sangat baik untuk menyampaikan pemikiran geopolitik Soekarno,” kata Hasto dalam seminar ilmiah dosen dalam rangka dies natalies Universitas Sanata Dharma (Sadar) Yogyakarta, Jumat (16/12).

Menurut Hasto, itu pula yang membuat dirinya kerap berbicara dengan dunia kampus, termasuk Universitas Sadar Yogyakarta. Menurutnya, menggelorakan pemikiran geopolitik Bung Karno dan peran dari perguruan tinggi sangat relevan.

“Dari kampus inilah bergelora semangat untuk menjadikan Indonesia terdepan dalam penguasaan ilmu-ilmu dasar, ilmu dan teknologi dan kemudian meletakkan pilar-pilar kemajuan bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Menurut Hasto, pemikiran Soekarno basisnya kepentingan nasional dan mengandung spirit untuk membebaskan dunia dari imperialisme dan kolonialisme.

“Dan melalui pendidikan kita membangun kekuatan intelektual itu. Membangun daya imajinasi bagi seluruh mahasiswa dan civitas akademica di kampus. Dengan demikian akan terbangun spirit memajukan Indonesia raya kita,” tegas Hasto.

Dalam paparannya di seminar, Hasto juga menjelaskan sejumlah poin kunci kemajuan universitas di Indonesia. Kampus harus mengedepankan model pendidikan yang berkemajuan, develop the intellectual firepower, serta developing skills and talent pools.

Hasto mengatakan geopolitik Bung Karno bertujuan untuk membangun kepemimpinan Indonesia bagi dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News