Hasto: Ini Strategi PDIP Lawan Gerakan Antikemanusiaan

Hasto: Ini Strategi PDIP Lawan Gerakan Antikemanusiaan
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan meresmikan Rumah Budaya di kantor pusat partai berlambang banteng itu, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (28/3). 

Nantinya, tempat ini bisa digunakan PDIP mengajak masyarakat melawan gerakan asing yang mengoyak rasa kemanusiaan, seperti aksi teror bom gereja di Makassar hari ini.

Rumah Budaya diserahkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada pengurus badan kebudayaan nasional (BKN) pusat partai berwarna kebesaran merah itu seperti Aria Bima, Vita Ervina, dan Rano Karno.

"Mewakili Ibu Megawati Soekarnoputri, mohon izin kepada beliau, Mas Prananda, Mbak Puan, rekan-rekan DPP, pada kesempatan ini, Rumah Budaya, tempatnya secara resmi kami serahkan kepada Badan Kebudayaan Nasional PDI Perjuangan," kata Hasto sembari memberikan plakat kepada Ketua BKN Aria Bima.

Hasto pun menjelaskan bahwa Proklamator RI Bung Karno sudah menegaskan bahwa Indonesia harus berkepribadian dalam kebudayaan. 

Dengan bimbingan Megawati, kata pria Yogyakarta itu, PDIP ingin mengumandangkan kepribadian dalam kebudayaan ke seluruh nusantara, agar terus menjadi kesadaran kultural.

Menurut dia, hal penting dilakukan pada saat budaya asing menggempur tanah air dan berpotensi mengganggu kerukunan bangsa. Apa lagi, Indonesia baru saja dikejutkan dengan teror bom bunuh diri di Makassar.

"Kita sungguh berduka, kesekian kalinya ada bom bunuh diri. Suatu gerakan anti-kemanusiaan yang mengoyak rasa kemanusiaan kita. Belajar dari hal tersebut, maka Pancasila betul-betul harus dibumikan dan jalan kebudayaan, melalui Rumah Budaya yang hari ini diresmikan, terus menggelorakan Nusantara yang begitu kaya nilai-nilai budaya yang berwarna," kata Hasto. 

Nantinya, Rumah Budaya bisa digunakan PDIP mengajak masyarakat melawan gerakan asing yang mengoyak rasa kemanusiaan seperti aksi teror bom ke gereja di Makassar hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News