Hasto Klaim Pertanian dan Lingkungan Hidup Jadi Prioritas PDIP

Hasto Klaim Pertanian dan Lingkungan Hidup Jadi Prioritas PDIP
Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (TKN Jokowi - Ma'ruf) Hasto Kristiyanto menemui kelompok tani yang berunsur dari kalangan perempuan di Lampung Tengah, Jumat (1/3). Foto: Fathan Sinaga

jpnn.com, LAMPUNG TENGAH - Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (TKN Jokowi - Ma'ruf) Hasto Kristiyanto menemui kelompok tani yang berunsur dari kalangan perempuan di Lampung Tengah, Jumat (1/3).

Pada kesempatan ini, Hasto menjanjikan kepada petani perempuan itu bahwa Jokowi - Ma'ruf akan meningkatkan kesejahteraan sektor pertanian.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini mengisahkan bagaimana partainya sangat berkomitmen dengan pertanian dan lingkungan hidup. Hal itu sudah diterapkan oleh Bung Karno yang kemudian dilanjutkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Bu Mega itu hobinya bercocok tanam. Seluruh ubi-ubian dikumpulkan oleh Bu Mega. Seluruh benih padi dikumpulkan, beliau kalau punya tanah selalu pakai program penghijauan," kata Hasto di Gedung Jual Balak, Lampung Tengah.

Hasto mengingatkan saat Megawati menjabat anggota Komisi IV DPR RI sempat menentang Presiden Kedua RI Soeharto yang ingin menjadikan Bekasi-Karawang sebagai wilayah industri. Saat itu Bekasi masih menjadi lahan pertanian yang memiliki tanah yang subur.

"Ibu Mega mencoba memprotes, menolak upaya pengalihan lahan ini. Tanah yang subur tidak boleh diubah menjadi kawasan industri. Terlebih Bung Karno sudah membangun Waduk Jatiluhur. Jatiluhur itu tidak hanya kebutuhan perairan bagi petani, tetapi juga pariwisata, perikanan, energi, dari Waduk Jatiluhur," kata dia.

Hasto mengaku saat itu kalah suara mengingat PDIP hanya 13 kursi. Kondisi itu tidak bisa melawan politik otoriter dari Soeharto. "Sawah-sawah yang subur itu segera ditimbun untuk pembangunan lapangan golf, dan kawasan industri," kata dia.

Di tengah-tengah industrialisasi itu, Megawati sempat menyambangi sebuah embung, di mana sekitarnya telah sudah terjadi pembangunan. Presiden Keempat RI itu kemudian mengambil teratai di embung tersebut sebagai simbol penyelamatan.

Hasto menjanjikan kepada petani lampung tengah bahwa Jokowi bersama PDIP akan meningkatkan kesejahteraan sektor pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News