Hasto Minta Kepala Daerah Asal PDIP Urus Masalah Ini

Hasto Minta Kepala Daerah Asal PDIP Urus Masalah Ini
Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (15/6). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta kepala dan wakil kepala daerah untuk peka terhadap situasi nasional dan global. 

Dia menjelaskan situasi global saat ini yang perlu diperhatikan ialah efek pandemi Covid-19 yang melibatkan perubahan di seluruh aspek kehidupan manusia.

"Dampak belum selesai kemudian muncul perang Rusia-Ukraina, kita diingatkan oleh Bu Megawati bahwa ini merupakan hal yang harus disikapi dampaknya buat kita," kata Hasto dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (15/6).

Selain itu, dia menyebutkan dunia juga sedang menghadapi perubahan iklim akibat pemanasan global, krisis pangan, dan pertarungan geopolitik

Oleh karena itu, Hasto mengingatkan kepala dan wakil kepala daerah untuk memahami kondisi tersebut, termasuk mengenai perang ekonomi dan dagang global. 

"Kemarin Bapak Presiden bertemu dengan Ibu Mega menegaskan bahwa ancaman krisis pangan ini ancaman serius. Beruntung ketua umum kita ini perempuan sehingga memiliki kepekaan terhadap itu," lanjutnya. 

Hasto mengingat kembali bagaimana Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menginisiasi gerakan menanam sepuluh tanaman pengganti beras pada Maret 2020.

Dia menyebutkan ancaman krisis pangan ini semakin nyata dan menggalakkan aksi menaman itu dan kepala daerah PDIP harus membuat laporan setiap bulan kepada DPP.

PDIP meminta kepala dan wakil kepala daerahnya untuk peka dengan kondisi nasional serta global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News