Hasto Minta Pengurus DPLN PDIP Membangun Jaringan Internasional 

Hasto Minta Pengurus DPLN PDIP Membangun Jaringan Internasional 
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat acara pelantikan DPLN PDIP di 11 negara, Sabtu (4/12). Foto: Dok DPP PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyampaikan pesan kepada Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) yang berada di 11 negara yang baru dilantik, Sabtu (4/12). 

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu meminta pengurus DPLN di 11 negara yang baru dilantik menjalankan misi, termasuk berbagai tugas diplomasi dalam bidang budaya, kuliner, dan pariwisata. 

Selain tugas itu, ada satu hal penting yang harus dilakukan oleh DPLN di 11 negara tersebut. 

“Di luar segalanya, adalah bagaimana saudara-saudara sekalian membangun international network agar PDI Perjuangan bercita-cita dapat mengadakan konferensi partai politik se-Asia Afrika bahkan dengan Amerika Latin,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam pengarahannya seusai melantik pengurus DPLN di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (4/12/2021). 

“Bung Karno pernah mencanangkan pasca-menggagas the new emerging forces suatu tata dunia baru dari suatu negara-negara yang baru merdeka, yang melawan berbagai bentuk establishment yang diwarnai oleh ideologi-ideologi besar dunia. Baik kiri maupun kanan, yang kedua-duanya ternyata mengandung benih penjajahan," sambungnya. 

Hasto didampingi Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah. Sejumlah Ketua DPP yaitu Djarot Saiful Hidayat, Rudianto Tjen, Sukur H Nababan, Yanti Sukamdani dan Eriko Sotarduga mengikuti prosesi pelantikan secara daring. 

Lebih lanjut Hasto mengatakan Soekarno membangun the new emerging forces, suatu kekuatan baru yang memperjuangkan kemerdekaan, perdamaian dunia, keadilan bagi dunia, termasuk di situasi sekarang keadilan untuk mendapatkan vaksin. 

"Karena itulah, semangat ini sangat penting,” tegasnya. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto meminta DPLN PDIP di 11 negara membangun jaringan internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News