Hasto Tegaskan Komitmen PDIP Kedepankan Transparansi

Hasto Tegaskan Komitmen PDIP Kedepankan Transparansi
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya akan konsisten mengedepankan transparansi. Menurutnya, transparansi penting untuk mewujudkan politik yang membangun peradaban.

Hasto menyatakan hal itu ketika menghadiri peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional-Deklarasi Keterbukaan Informasi Peserta Pemilu 2019 yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP) di Wisma Antara, Jakarta Pusar, Selasa (22/5). Menurutnya, transparansi bagi PDIP sebagai bentuk komitmen terhadap keterbukaan informasi bukan hanya sekedar tekad.

“Di dalamnya mengandung upaya untuk mewujudkan kultur organisasi partai agar semakin memiliki  tanggung jawab, tidak hanya bagi anggota dan konstituen partai, namun juga bagi bangsa dan negara di mana dedikasi kepartaian difokuskan,” ujar HAsto di acara yang juga dihadiri para ketua KIP provinsi dan kabupaten/kota itu.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, partai memiliki fungsi rekrutmen dan kaderisasi yang dibarengi pendidikan politik demi agregasi kepentingan rakyat. Namun, harus ada akuntabilitas dalam mengagregasi kepentingan rakyat melalui kebijakan negara dan pemerintahan.

“Semangat keterbukaan yang melekat dengan akuntabilitas Parpol inilah yang menjadi fokus PDI Perjuangan,” tegasnya.

Sebagai bukti komitmen PDIP atas transparansi dan akuntabilitas, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu telah menyabet sertifikasi mutu melalui International Organization for Standardization (ISO) 9001:2015. Sertifikasi manajemen mutu itu diperlukan lantaran PDIP juga mengelola iuran anggota demi mewujudkan kemandirian dalam hal keuangan.

Selain itu, PDIP juga secara rutin menggelar sekolah partai yang diawali psikotes untuk melihat aspek kepribadian, kepemimpinan, kemampuan menyelesaikan masalah rakyat, loyalitas pada ideologi dan daya juang. Sekolah partai, kata Hasto, juga untuk mendidik calon legislatif dan calon kepala daerah dari PDIP.

“Inilah tanggung jawab PDIP untuk memperkuat watak dan jati diri partai yang kukuh berdiri di atas prinsip ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, musyawarah, dan keadilan sosial. Keseluruhan tanggung jawab politik PDI Perjuangan tersebut dilakukan sebagai tanggung jawab sebagai partai ideologi berdasarkan Pancasila,” tegasnya.(jpg/jpnn)


Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya akan konsisten mengedepankan transparansi dalam memperjuangkan kepentingan rakyat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News