Hasto Tegaskan PDIP Tak Berhasrat Bekukan KPK

Hasto Tegaskan PDIP Tak Berhasrat Bekukan KPK
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (berpeci) bersama para wartawan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa partainya tak memiliki hasrat untuk mendorong pembubaran ataupun pembekuan sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebab, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu justru sangat mendukung tugas-tugas KPK.

Hasto mengatakan, partainya memang menyetujui pembentukan Panitia Khusus Angket KPK. Namun, tujuannya justru demi memperkuat kinerja lembaga antirasuah itu dalam mencegah dan memberantas korupsi.

"PDI Perjuangan tidak berada pada posisi meminta pembubaran atau pembekuan. Rekomendasi yang dipersiapkan partai tetap bertitik tolak pada tugas KPK di dalam mencegah dan memberantas korupsi, " jelas Hasto melalui pesan singkat, Sabtu (9/9).

Anak Buah Bu Mega Pengin KPK Dibekukan Sementara

Hasto mengatakan hal itu sebagai bantahan tentang pemberitaan yang menyebut PDIP mengusulkan pembekuan KPK untuk sementara. Sebelumnya, legislator PDIP Henry Yosodiningrat memang mengungkap usulan agar pembekuan sementara komisi pimpinan Agus Rahardjo itu masuk dalam rekomendasi Pansus Angket KPK.

Hanya saja, Hasto menepis hal itu. Menurutnya, PDIP hanya menginginkan KPK sebagai institusi penegak hukum yang memiliki kewenangan besar juga mengedepankan akuntabilitas. Sebab, katanya, pengalaman di masa lalu membuktikan KPK juga bisa dipengaruhi pihak eksternal.

Untuk itu, kata Hasto, harus ada mekanisme pengawasan terhadap KPK, terutama untuk memastikan penegakan hukum dilakukan secara berkeadilan. Hasto menegaskan, PDIP menginginkan KPK juga melembagakan budaya tertib hukum.

"Atas dasar hal tersebut PDI Perjuangan menegaskan pentingnya penguatan pengawasan internal, termasuk mendorong akuntabilitas dalam keseluruhan proses hukum pemberantasan korupsi agar sesuai dengan standard operating procedure yang ada," tambahnya.

Menurut Hasto Kristiyanto, PDIP memang menyetujui pembentukan Panitia Khusus Angket KPK. Tujuannya demi memperkuat KPK dalam mencegah dan memberantas korupsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News