Hati-Hati... Agen Travel Bodong Ini Banyak Menipu Orang

Hati-Hati... Agen Travel Bodong Ini Banyak Menipu Orang
Aang Ardiasnyah alias Ardi, pelaku penipuan dengan modus paket tour murah ke luar negeri terhadap delapan korban di Batam, Kepri, Kamis (14/5).

jpnn.com - BATAM - Rencana ingin menikmati liburan di kota metropolitan Hong Kong hanya isapan jempol belaka bagi delapan korban penipuan agen travel bodong ini. Total kerugian yang diderita para korban pun sekitar 40 jutaan dengan perkiraan masing-masing dipungut sebesar Rp 5 juta untuk ongkos perjalanan. 

Dua korban dengan wajah kesal mendatangi Polresta Barelang, Kamis (14/5) siang. Mereka melaporkan penipuan atas paket tour ke Hong Kong yang gagal akibat perbuatan pelaku, Aang Ardiasnyah.

"Rencananya hari ini kami mau berangkat. Tapi sehari sebelum berangkat, ponsel dan media sosial milik kami sudah diblokir dan pelaku kabur entah kemana tak bertanggung jawab," kata Amel, salah seorang korban, Rabu (13/5) siang.

Ia menambahkan pelaku sudah selama setahun belakangan dikenal para korban. Selama dikenal, pelaku sudah biasa menjadi seorang tour guide, sehingga para korban yakin dengan paket murah yang ditawarkan.

"Sejak awal tahun ini kita sudah mentransfer uang ke rekening pelaku. Karena lama kenal, kita tidak ada curiga," ujar warga Sungai Panas, Batam, Kepri, ini.

Untuk memuluskan aksi penipuannya, pelaku memberikan tiket serta kode bokingan kepada para korban. Tak hanya itu, beberapa bulan belakangan pelaku meninggalkan Batam menuju Bandung dengan alasan pekerjaan sebagai guide.

"Karena untuk meringankan biaya keberangkatan, kita juga mengajak teman-teman lain bergabung. Tapi malah seperti ini jadinya," keluhnya.

Hal senada disampaikan Rere, korban lainnya. Ia mengaku tidak menyangka menjadi korban penipuan yang dilakukan orang yang sudah lama ia kenal.

BATAM - Rencana ingin menikmati liburan di kota metropolitan Hong Kong hanya isapan jempol belaka bagi delapan korban penipuan agen travel bodong

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News