Hati-hati, Kalteng Bakal Dilanda Panas Ekstrem

Hati-hati, Kalteng Bakal Dilanda Panas Ekstrem
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - PALANGKA RAYA – Warga Palangka Raya harus siap-siap lebih kepanasan. Sebab, cuaca di Palangka Raya akan semakin meningkat dalam beberapa hari ke depan. Hal itu tak lepas dari gelombang panas yang menghampiri Kaimantan tengah.

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat yang diterima BMKG Kalteng menyebutkan, sebagian besar wilayah akan dilanda gelombang cuaca panas atau disebut Equinox.

Peristiwa ini merupakan salah satu fenomena astronomi ketika matahari melintasi garis khatulistiwa sebanyak dua kali dalam setahun. Kondisi berlangsung dengan durasi cukup panjang pada siang dan malam hari. Namun, tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu yang drastis. Secara umum di wilayah Indonesia suhu rata-rata maksimal 36 derajat celcius.

Kepala BMKG Stasiun Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya I Wayan Mustika mengimbau masyarakat tidak perlu terlalu resah dengan kondisi panas. Hanya, ujar dia yang diperlukan adalah lebih waspada dengan melindungi diri dari cuaca ekstrem ini.

“Kalau kerja di luar ruang pakai pelindung. Lebih banyak minum air agar terhindar dari dehidrasi saat berada di luar ruangan.  Puncaknya diperkirakan tanggal 21-23 Maret 2016,” ucapnya kepada Kalteng Pos akhir pekan kemarin. (ari/tur/jos/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News