Hatta Diragukan Komitmennya Berantas Mafia Migas

Hatta Diragukan Komitmennya Berantas Mafia Migas
Hatta Diragukan Komitmennya Berantas Mafia Migas

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti dari POIN, Karel Susetyo mengatakan publik meragukan kemampuan dan komitmen calon wakil presiden Hatta Raja dalam memberantas mafia migas. Menurutnya, pasangan Prabowo Subianto itu punya rekam jejak dengan bisnis migas sehingga punya konflik kepentingan pribadi.

"Situasi ini pasti tak terhindarkan, mengingat Hatta memiliki kaitan langsung dengan pemerintahan sebelumnya," kata Karel di Jakarta, Minggu (22/6).

Karel mengatakan selain karena dengan para pebisnis minyak, Hatta juga punya posisi yang sentral di pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebelumnya, Direktur Pengolahan Organisasi masyarakat Solidaritas Kerakyatan Khusus (SKK) Migas Ferdinand Hutahayan belum lama ini melaporkan mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan penyelewengan sektor minyak dan gas (migas).

Menurut Ormas ini kebijakan pemerintah soal impor minyak tidak berpihak pada kepentingan rakyat saat Hatta duduk mengomandani tim ekonomi Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. Dari hitungan SKK Migas  kerugian negaranya mencapai Rp 36 triliun per tahunnya.

Selain Hatta, pihaknya juga melaporkan bos Pertamina Trading Energy Ltd (Petral), Mohammad Reza Chalid ke KPK.

Sementara itu, pasangan Capres-Cawapres nomor 1 Jokowi-JK dalam dialog dengan Kadin belum lama ini berani berjanji akan memberantas mafia migas dengan membangun kilang di Indonesia dalam setahun pertama memerintah guna mengurangi ketergantungan impor migas. (jpnn)

JAKARTA - Peneliti dari POIN, Karel Susetyo mengatakan publik meragukan kemampuan dan komitmen calon wakil presiden Hatta Raja dalam memberantas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News